Minggu, 18 November 2012

Mindtalk, Jejaring Sosial Asli Indonesia Resmi Diluncurkan!

Bulan September tahun lalu, versi Beta jejaring sosial kembangan anak bangsa—Mindtalk.com—diluncurkan. Dalam waktu satu tahun, situs tersebut berhasil menjaring 180.000 pengguna. Menyusul kesuksesan tersebut, Mindtalk.com hari Rabu (14/11) resmi diluncurkan di bawah naungan PT Merah Putih Incubator (MPInc.)—salah satu inisiator bisnis digital di Indonesia.
“[Mindtalk.com] is an interests meet up space. Tempat kita bisa bertemu dengan orang-orang dengan minat dan pemikiran yang sama dengan kita,” tutur Danny Wirianto, Co-Founder Mindtalk.com.


Danny Wirianto, Co-Founder Mindtalk.com.
Kehadiran Mindtalk.com didorong oleh tren pengguna jejaring sosial dan perangkat mobile, serta minat masyarakat Indonesia dalam bersosialisasi secara digital. Karena Danny dkk melihat minat masyarakat lebih ke arah komunitas dan mailing list, Mindtalk.com pun memanfaatkan dua bentuk kegiatan sosial tersebut sebagai fondasi. Dengan demikian, situs itu tidak hanya menghubungkan para pengguna dengan satu sama lain, tetapi juga memungkinkan mereka untuk berbagi dan berdiskusi.

Agar dapat menyuguhkan user interface yang lebih menarik dibanding forum komunitas dan mailing list pada umumnya, Mindtalk.com dibangun menggunakan Fluid Stream Format. Format tersebut menampilkan setiap foto dan artikel dengan rapi, serta memberikan pengalaman navigasi situs yang mulus. Meskipun memiliki tampilan yang sekilas mirip dengan Pinterest, Danny menekankan bahwa gaya dan pengalaman penggunaannya sama sekali berbeda.

Untuk mengakomodasi para pengguna smartphone, Mindtalk.com pun hadir dalam bentuk aplikasi mobile yang diluncurkan pada bulan Januari 2012. Kini, mereka telah menyediakan aplikasi yang bergerak di platform Android, iOS, Windows Phone (7 dan 8), dan Blackberry OS. Menariknya, aplikasi Mindtalk.com hanya tersedia di Nokia Asha yang berbasis Symbian.
“Dari sebelum melakukan peluncuran situs secara resmi, Nokia Asha, Lumia (610 dan 510), smartphone Polytron berbasis Android, dan beberapa tablet dari Indonesia sudah menyertakan aplikasi Mindtalk.com secara pre-installed. Kami cukup beruntung mendapat itu semua secara gratis, karena biasanya justru harus bayar mahal,” jelas Danny.
Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, jumlah pengguna Mindtalk.com sudah mencapai 180.000 orang yang 85% datang dari Indonesia. Amerika Serikat, India, Bangladesh, dan Malaysia masing-masing sebanyak 3%, sedangkan sisanya datang dari negara lain. “Walaupun jumlah laki-laki yang sign-up lebih banyak (60%), perempuan justru lebih aktif di [Mindtalk.com],” tambah Danny.
Mindtalk.com berencana untuk melakukan ekspansi ke negara lain. Malaysia dan Singapura menjadi target selanjutnya, tetapi mereka juga sedang menyiapkan situs dan aplikasi yang dikhususkan bagi para pengguna di AS, Brasil, dan India.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar