Selasa, 13 November 2012

NVIDIA Sedang Mengerjakan GPU Kepler GK208?


Kabar mengenai generasi graphics card NVIDIA setelah GeForce 600 series memang sudah mulai banyak berkembang di internet, salah satunya adalah tentang kemungkinan besar jika NVIDIA masih menggunakan GPU dengan arsitektur Kepler ini untuk tetap dipertahankan pada jajaran GeForce GTX 700-nya tahun depan mendatang.
Kabar lainnya yang pernah kami beritakan juga mengenai kemungkinan hadirnya seri graphics card flagship NVIDIA (GTX 780?) yang nantinya akan menggunakan GPU GK110 yang memiliki raw power sangat tinggi dipersenjatai 2880 Cuda Cores (shader), 160 TMUs, 48 ROPs, dan 384-bit memory interface, yang juga berarti spesifikasi tersebut sama seperti graphics card Tesla K20.


Jika kabar tersebut benar, maka kemungkinan kita akan menjumpai varian graphics card GeForce GTX 700 yang menggunakan GPU dengan kode nama seperti GK110, GK114, GK116 dan lainnya. Namun kami mendapatkan kabar menarik sekaligus membingungkan dari salah satu website bernama Videocardz, mereka menyebutkan dari salah satu sumbernya (orang dalam NVIDIA) yang sedang magang diperusahaan tersebut menunjukkan bahwa NVIDIA sedang mengerjakan Kepler terbaru dengan kode nama GK208.
Pada teks yang ditujukan untuk peserta magang (intern) NVIDIA periode Juni sampai September 2012 lalu, mereka diinstruksikan untuk membantu para arsitek (engineer) untuk mengerjakan Kepler GPU GK208. Dengan sepotong informasi tersebut saja sudah membuyarkan semua spekulasi yang sudah dibuat sebelumnya, namun semua informasi yang beredar saat ini tentu saja belum ada yang bisa di verifikasi kebenarannya 100%, mari kita ikuti saja perkembangan selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar